Diberdayakan oleh Blogger.

My Blog List

Home » » 10 HEWAN TERBESAR SEPANJANG MASA

10 HEWAN TERBESAR SEPANJANG MASA

Written By Unknown on Minggu, 18 Mei 2014 | 18.29

10 Hewan Prasejarah Terbesar Sepanjang Masa

1. Diplodocus hallorum atau Seismosaurus, Hewan Terberat, Hewan Terpanjang & Hewan Terbesar Sepanjang Masa
Dinosaurus yang dahulunya dinamai Seismosaurus ini sebenarnya ditemukan fosilnya secara terpisah-terpisah dari berbagai tempat. Dinosaurus yang digolongkan dalam familia Diplodocidae ini diperkirakan dan disimpulkan olehpara arkeolog sebagai hewan terbesar dan terberat sepanjang masa, yaitu dengan panjang lebih dari 50 meter dan beratnya mencapai 100 ton, atau sama dengan ukuran berat 20 ekor gajah! Mungkin karena itulah dahulunyaDiplodocus hallorum diberi nama Seismosaurus, yang artinya "kadal guntur".
2. Brachiosaurus, Hewan Tertinggi Sepanjang Masa
Brachiosaurus, walaupun bukan merupakan dinosaurus terpanjang, terberat, ataupun terbesar, ternyata Brachiosaurus adalah dinosaurus tertinggi, yaitu dengan tinggi 14 meter. Selain itu, Brachiosaurus menempati urutan kedua dinosaurus terberat setelah Diplodocus Hallorum atau Seismosaurus, dengan berat 80 ton, atau sama dengan berat 16 ekor gajah! Sedangkan, panjangBrachiosaurus sendiri berkisar antara 21 sampai 28 meter, tergantung speciesnya. Sebagai tambahan, ternyata Diplodocus Hallorum, hewan terbesar sepanjang masa, hanya memiliki setengah dari tinggi Brachiosaurus, yaitu 7 meter
3. Therizinosaurus, Hewan Dengan Cakar Terbesar dan Terpanjang Sepanjang Masa
Therizinosaurus, dinamai demikian, karena merujuk pada cakarnya yang panjang dan melengkung seperti sabit raksasa (Therizinosaurus artinya "kadal sabit besar"). Panjang cakarnya sendiri yang tidak tertutupi oleh daging dankulitnya mencapai 90 cm, sedangkan panjang keseluruhannya 1,5 meter! 

Semula, para arkeolog mengira fosil Therizinosaurus yang mereka temukan adalah jenis dinosaurus theropoda, yaitu dinosaurus pemakan daging, karena hanya ditemukan di Mongolia. Tetapi, setelah para arkeolog menemukan banyak fosil yang lengkap, ternyata Therizinosaurus adalah dinosaurus pemakan tumbuhan atau herbivore. Para arkeolog pun berpikir cakarnya yang panjang tersebut digunakan oleh Therizinosaurus untuk memotong dedaunan dan mempertahankan diri dari pemangsanya.
4. Spinosaurus, Hewan Darat Pemakan Daging Terbesar dan Hewan Darat Dengan Tengkorak Terbesar Sepanjang Masa
Mungkin beberapa dari anda mengira bahwa Tyrannosaurus rex ataupunGiganotosaurus adalah dinosaurus pemakan daging terbesar, atau hewan darat pemakan daging terbesar yang pernah hidup. Kalau begitu anda salah. Karean dinosaurus yang pantas memiliki gelar tersebut adalah Spinosaurus.Spinosaurus memiliki panjang 15 meter dengan bobot seberat lebih dari 7 ton, ukuran ini melebihi Tyrannosaurus rex dan Giganotosaurus. Selain itu,Spinosaurus juga menduduki peringkat pertama sebagai hewan darat dengan tengkorak terbesar yang pernah hidup, yaitu dengan panjang tengkoraknya 1,5 meter.
5. Quetzaltcoatlus northropi, Hewan Terbang Terbesar Sepanjang Masa
Kebanyakan hewan terbang tidak memiliki ukuran yang sangat besar, karena ukuran yang besar juga menyebabkan beratnya tubuh dan berat tubuh tersebut menyulitkan untuk mengangkat tubuh mereka ke udara agar bisa terbang. Tetapi, itu tidak berlaku bagi hewan terbang yang satu ini,Quetzalcoatlus northropi

Quetzaltcoatlus northropi memiliki sepasang sayap yang masing-masing memiliki panjang 12 meter, yang jika digabungkan panjangnya menjadi 24 meter!Quetzaltcoatlus northropi memiliki ukuran bak seekor dinosaurus, bukan merupakan hewan terbang biasa. Jika sayapnya direntangkan, maka ukurannya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan Tyrannosaurus rex. Tingginya mencapai lebih dari 6 meter! Tetapi, bagaimana dengan ukuran sebesar ituQuetzaltcoatlus northropi bisa terbang?

Ternyata Quetzaltcoatlus northropi memiliki kerangka pada tubuhnya yang berongga. Jadi, walaupun memiliki ukuran sebesar itu, mereka masih dapat terbang, tetapi harus memiliki ancang-ancang, seperti apada burung albatross dan pesawat terbang masa kini.
6. Lioupleurodon ferox, Hewan Pemakan Daging Terbesar Sepanjang Masa
Lioupleurodon ferox memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Spinosaurus. Jika Spinosaurus memiliki panjang mencapai 15 meter,Lioupleurodon ferox memiliki panjang 25 meter dengan berat dapat mencapai 50 ton! Itu sebabnya Lioupleurodon ferox mendapatkan peringkat pertama sebagai hewan pemakan daging terbesar yang pernah hidup. Selain ukurannya yang juga besar, tengkoraknya juga memiliki ukuran yang jauh lebih dibandingkan dengan Spinosaurus, yaitu bisa mencapai lebih dari 2 meter.
7. Titanoboa correjonensis, Ular Terbesar Sepanjang Masa
Mungkin selama ini beberapa dari anda beranggapan bahwa ular terbesar sepanjang masa adalah ular anaconda ataupun ular python reticulatus, tetapi semua itu telah berubah setelah ditemukannya fosil di wilayah Correjon di Columbia yang menggemparkan para arkeolog pada tahun 2009 lalu. Fosil tersebut adalah fosil milik ular terbesar sepanjang masa, yaitu Titanoboa correjonensis. Fosil tersebut diperkirakan memiliki panjang lebih dari 13 meter dan berat mencapai lebih dari satu ton, juta lebarnya lebih dari 1 meter. Titanoboa correjonensis hidup pada masa Palaeosen pada 60-58 juta tahun yang lalu.
8. Sarchosuchus Imperator, Hewan Amphibia Terbesar Sepanjang Masa
Mungkin ada beberapa dari anda yang mengira hewan prasejarah yang berwujud buaya ini adalah jenis buaya yang termasuk kelas reptilia. Tetapi ternyata penampilan Sarcosuchus Imperator bisa menipu. TernyataSarcosuchus Imperator adalah sejenis amphibia, yaitu hewan yang hidup di dua alam, yaitu air dan darat. 
Sarcosuchus Imperator adalah salah satu spesies amphibia terbesar sepanjang masa, yang telah punah, dengan tubuh sepanjang lebih dari 50 kaki dan berat8-10 ton.
9. Deinosuchus, Buaya Terbesar Sepanjang Masa
Makhluk raksasa yang merupakan nenek moyang dari buaya ini memiliki gigi-gigi dengan panjang 10 cm, dan juga memiliki kekuatan gigitan jauh lebih besar dibandingkan dengan Tyrannosaurus rex, yaitu 10.000 pounds atau dua kali kekuatan gigitan buaya sekarang! Buaya raksasa ini memiliki panjang hampir 15 meter atau 45 kaki dan berat bisa lebih dari 12 ton!  
10. Carcharodon Megalodon, Ikan Terbesar Sepanjang Masa
Mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Yap...!!! Inilah Carcharodon Megalodon atau biasa dikenal dengan namaMegalodon. Hiu prasejarah ini memiliki ukuran lebih dari 20 meter dan dianggap sebagai ikan terbesar sepanjang sejarah. 

2 komentar :